MAC Address Adalah .... ???


MAC Address (Media Access Control Address) yakni., satu buah alamat jaringan yg diimplementasikan terhadap lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yg merepresentasikan suatu node tertentu dalam jaringan. Dalam satu buah jaringan berbasis Ethernet, MAC address adalah alamat yg unik yg mempunyai panjang 48-bit (6 byte) yg mengidentifikasikan suatu computer, interface dalam satu buah router, atau node yang lain dalam jaringan. MAC Address pun tidak jarang dinamakan juga sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

mac address changer  fungsi mac address  download mac address  pengertian mac address  ip address  mac address lookup  mac address changer for windows 7  mac address scanner
MAC Address mengijinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dgn yg yang lain. Kita ambil satu contoh, dalam suatu jaringan berbasis tehnologi Ethernet, tiap-tiap header dalam frame Ethernet mengandung info berkenaan MAC address dari computer sumber (source) & MAC address dari pc maksud(destination). Sekian Banyak piranti, seperti halnya bridge & switch Layer-2 dapat melihat pada berita MAC address dari computer sumber dari tiap-tiap frame yg beliau terima & memakai kabar MAC address ini buat menciptakan "tabel routing" internal dengan cara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut serta setelah itu memakai tabel yg baru dibuat itu buat menambahkan frame yg beliau terima ke suatu port atau segmen jaringan tertentu di mana pc atau node yg mempunyai MAC address maksud berada.

Dalam suatu pc, MAC address ditetapkan ke satu buah card jaringan (network interface Card/NIC) yg diperlukan utk menghubungkan pc yg bersangkutan ke jaringan. MAC Address rata rata tak mampu diubah dikarenakan sudah dimasukkan ke dalam ROM. Sekian Banyak card jaringan sediakan utilitas yg memungkinkan kastemer utk mengubah MAC address, biarpun faktor ini kurang disarankan. Jikalau dalam suatu jaringan terdapat dua card jaringan yg mempunyai MAC address yg sama, sehingga akan berlangsung konflik alamat & computer pun tak akan saling berkomunikasi antara satu dgn yang lain. Sekian Banyak card jaringan, seperti halnya card Token Ring mengharuskan konsumen buat mengatur MAC address (tak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum bisa dipakai.

MAC address benar-benar mesti unik, dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit mula-mula dari MAC address merepresentasikan siapa produsen card tersebut, & 24 bit sisanya merepresentasikan nomer card tersebut. Tiap-tiap group 24 bit tersebut akan direpresentasikan dgn memakai enam digit bilangan heksadesimal, maka menjadikan keseluruhan 12 digit bilangan heksadesimal yg merepresentasikan total MAC address. Berikut ialah tabel sekian banyak produsen card jaringan terkenal & No. identifikasi dalam MAC Address.

0 Response to "MAC Address Adalah .... ???"

Posting Komentar